MAKANAN YANG BAIK DIKONSUMSI OLEH IBU HAMIL

MAKANAN YANG BAIK DIKONSUMSI OLEH IBU HAMIL

Orang tua pastinya sangat menginginkan seorang buah hati. Nah, sebelum menjadi seorang bayi, anak berada di dalam kandungan seorang ibu. Nah, ibu tersebut biasa disebut dengan ibu hamil. Ibu hamil biasanya akan mengandung dari janin hingga menjadi bayi yang dilahirkan. Nah, bayi yang dikandung tersebut dapat dilahirkan jika sudah 9 bulan. Tentu saja seorang ibu hamil harus menjaga kandungannya agar tetap sehat dan cepat berkembang. Maka dari itu, pada ibu hamil banyak mengkonsumsi makanan sehat agar janin yang berada di dalam kandungan dapat berkembang dan sehat. Tidak hanya itu, seorang ibu hamil juga harus berhati-hati agar tidak menimbulkan kandungannya menjadi gugur. 

Beberapa Makanan Yang Wajib Ada Saat Seorang Ibu Sedang Hamil

Pada masa kehamilan adalah masa dimana sepasang suami istri akan menjadi orang tua yang akan mendapatkan buah hati. Nah, pada masa ini tentu saja sangat membahagiakan untuk keduanya. Nah, dalam menjaga kandungan agar tetap sehat adalah hal tidak mudah. Banyak sekali ibu hamil yang menghindari makanan-makanan tertentu yang dapat menghambat perkembangan atau pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Tidak hanya itu, kita pasti tahu bahwa ibu hamil harus banyak melakukan hal yang positif dan juga banyak mengurangi mengangkat beban yang berat agar tidak menyebabkan keguguran. Nah, inilah makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil:

  • Produk susu

Di saat memeriksakan kandungan ke dokter tentu saja ibu hamil dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi susu. Susu yang diminum adalah produk susu yang memang dikhususkan untuk ibu hamil. Nah, produk susu tersebut mempunyai manfaat untuk perkembangan sistem saraf pada janin, mengurangi sakit perut, sumber zat besi, sumber protein, dan juga sumber kalsium serta vitamin D. 

  • Telur

Telur disini yang dimaksud adalah telur ayam. Telur tersebut kaya akan protein yang baik untuk perkembangan bayi. Sebab setiap sel janin yang berkembang terbuat dari protein. Selain itu, dapat juga membantu perkembangan otak janin yang dapat melindungi si bayi dari cacat di dalam tabung saraf. Nah, untuk si ibu telur bermanfaat untuk mengatur kolesterol dalam tubuh dan juga menambah kalori agar tidak kelaparan saat melakukan aktivitas. 

  • Pisang

Buah ini di perkaya oleh kandungan nutrisi yang banyak. Tak hanya itu, pisang dapat mencegah sembelit, meringankan kram kaki, sebagai antioksidan pada ibu hamil. Serta dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat. Pisang sendiri juga memiliki manfaat meringankan morning sickness yang biasa dialami oleh ibu hamil. Tidak hanya itu pisang dapat melancarkan pencernaan. Sehingga ibu hamil dapat mengkonsumsi pisang agar selalu sehat. 

  • Sayuran berdaun

Sayur adalah makanan yang paling penting dalam mengatur kesehatan tubuh terutama untuk ibu hamil. Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran hijau dan berdaun seperti bayam, sawi, selada, brokoli dan sayuran lainnya. Sebab sayur dapat menjaga dan menurunkan tekanan darah, mencegah dehidrasi, memelihara daya tahan tubuh dan mengurangi resiko pendarahan setelah melahirkan. Nah, untuk itu ibu hamil harus rutin memakan sayur yang banyak mengandung nutrisi di dalamnya.

Nah, itulah beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil. Ibu hamil harus mengonsumsi makanan dan minuman di atas agar selalu terjaga kesehatan ibu dan si janin. Tidak hanya itu, bayi yang akan lahir pun menjadi aktif dan juga cerdas. Untuk ibu hamil juga harus memasak makanan di atas dengan matang agar kandungan bakteri di dalamnya hilang.