MAKANAN YANG PALING BANYAK TERKONTAMINASI BAKTERI

MAKANAN YANG PALING BANYAK TERKONTAMINASI BAKTERI

Makanan adalah kebutuhan paling utama manusia untuk bertahan hidup di dunia ini. Jika kita tidak mengonsumsi makanan pastinya kita akan mati. Nah, makanan sendiri mempunyai banyak sekali jenis dan manfaatnya masing-masing. Namun tahukah kamu makanan yang kita konsumsi tersebut belum tentu sehat. Makanan tersebut bisa saja banyak mengandung bakteri di dalamnya yang tentu saja dapat mendatangkan banyak penyakit. Nah, maka dari itu kita harus pintar dalam memilih makanan agar tubuh kita juga sehat dan dapat terhindar dari penyakit yang bisa datang kapan saja. Selain itu, makanan yang dikonsumsi pun juga harus menyehatkan dan juga tidak merugikan kesehatan tubuh. 

Beberapa Makanan Yang Tinggi Kontaminasi Dengan Bakteri 

Makanan dapat dengan mudah terkontaminasi oleh bakteri atau virus yang bahkan kita tidak tahu. Sebab bakteri memiliki ukuran yang sangat kecil yang sehingga kita bisa melihatnya. Tidak hanya itu, bakteri dapat tumbuh banyak dan berada dimana-mana. Terkadang kita mengira bahwa makanan yang akan kita bersihkan sudah hilang bakteri namun anggapan tersebut salah. Sebab hal tersebut hanya dapat mengurangi tidak menghilangkan bakteri secara keseluruhan. Selain itu semua benda atau apapun di dunia ini mengandung bakteri. Maka dari itu kita harus selalu hidup sehat dan mengutamakan kebersihan lingkungan agar tidak banyak menimbulkan penyakit. Nah, makanan di bawah ini yang paling banyak terkontaminasi oleh bakteri:

  • Daging merah

Daging memang makanan yang paling digemari oleh semua orang. Nah, daging ini saat masih mentah banyak mengandung bakteri Salmonella, E coli dan juga Listeria. Bakteri-bakteri tersebut dapat tumbuh dan berkembangbiak dengan cepat di dalam daging mentah tersebut. Maka dari itu kita dianjurkan untuk memasak daging sampai matang dengan sempurna. Bakteri-bakteri tersebut dapat hilang dan dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit menular yang dapat merugikan tubuh kita. 

  • Telur

Telur banyak dikonsumsi karena mengandung sumber protein yang dapat menyehatkan tubuh kita. Nah, telur tersebut dihasilkan dari ayam dan memiliki kandungan bakteri seperti Salmonella yang bisa saja menularkan penyakit yang bahkan kita tidak tahu. Nah, bakteri tersebut dapat mengakibatkan demam tifoid yang dapat membahayakan tubuh kita. Maka kita dianjurkan untuk memasak telur sampai matang sempurna dan sehat jika dimakan. Jika kamu adalah tipe orang yang menyukai telur setengah matang, sebaiknya kurangi lah agar tidak menimbulkan penyakit. 

  • Produk susu

Susu dihasilkan dari sapi atau kambing mengandung sumber kalsium yang sangat baik untuk tubuh. Tak hanya itu, Susu banyak dikonsumsi yang sudah dikemas dan tentu saja sudah steril. Namun jika susu tersebut tidak dipasteurisasi bisa saja dapat mengandung bakteri yang dapat menimbulkan masalah. Nah, susu tersebut jika sering dikonsumsi akan menimbulkan demam, diare dan juga kram pada perut. 

  • Keju

Keju memanglah sangat enak jika dijadikan sebagai topping di dalam makanan maupun minuman. Nah, keju juga termasuk ke dalam makanan yang tinggi terkontaminasi dengan bakteri. Sebab keju terbuat dari olahan susu yang difermentasi dan mengandung bakteri baik. Namun tidak hanya bakteri baik saja, bakteri yang lain juga ikut masuk ke dalam keju. Dan bakteri tersebut dapat bertahan terhadap garam dan juga suhu tinggi. Nah, maka dari itu jika ingin mengkonsumsi keju akan lebih baik didinginkan terlebih dahulu ke dalam kulkas dengan suhu dibawah 5 derajat celcius agar dapat memperlambat pertumbuhan bakteri jahat tersebut. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *