MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DIMAKAN OLEH IBU HAMIL

Ikan setengah matang

Setiap manusia pastinya memerlukan makanan. Nah, makanan di dunia ini memang sangatlah beragam. Tak hanya itu, setiap makanan mempunyai manfaat sendiri-sendiri. Tidak semua orang cocok dan suka dengan makanan tertentu. Namun banyak orang juga banyak menyukai berbagai jenis makanan. Jika sehari saja tidak memakan yang disukai pasti rasanya ada yang kurang. Biasanya kamu akan membelinya di hari selanjutnya agar terpenuhi keinginan. Namun berbeda dengan ibu hamil, ibu hamil harus mengonsumsi makanan sehat. Banyak makanan yang dilarang untuk dimakan oleh ibu hamil. Nah, maka dari itu kita harus memperhatikan gizi dan juga nutrisi yang terkandung di dalam makanan tertentu.

Beberapa Makanan Yang Tidak Dapat Di Makan Oleh Ibu Hamil

Ibu hamil adalah seorang wanita yang sedang mengandung janin di dalam rahimnya. Seorang ibu hamil pastinya memiliki pantangan-pantangan tertentu yang tidak boleh dilakukan atau dikonsumsi. Nah, hal-hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh maupun kesehatan janin di dalam kandungan. Pastinya pada ibu hamil harus memakan makanan yang sehat dan juga bergizi. Namun tidak semua makanan dapat dimakan oleh ibu hamil. Ada makanan-makanan tertentu yang tidak bisa dikonsumsi. Makanan tidak boleh dikonsumsi tersebut jika dimakan dapat menyebabkan kandungan di dalam rahim menjadi gugur. Nah, inilah hal yang sangat berbahaya untuk si janin. Nah, inilah beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil:

  • Ikan setengah matang

Ikan menjadi salah satu sumber omega-3 yang sangat tinggi. Dimana, seperti yang kita tahu kandungan omega-3 tersebut memang sangat diperlukan. Bahkan dari usia dini kita sudah memenuhi salah satu kebutuhan asupan yang satu ini. Namun, lain halnya dengan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Apabila ingin mengonsumsi ikan harus benar-benar memperhatikan tingkat kematangan nya. Sangat dilarang seorang ibu hamil untuk mengkonsumsi ikan yang dimasak setengah matang. Yang mana, pada ikan setengah matang dapat berpotensi mengandung bakteri atau virus yang tetap ada di dalamnya.

  • Ikan yang mengandung tinggi merkuri

Ikan memanglah baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena mengandung banyak protein dan asam lemak omega-3 yang juga dapat menutrisi perkembangan bayi. Namun berdasarkan penelitian, ada beberapa ikan yang banyak mengandung merkuri yang tinggi. Di antaranya adalah ikan hiu, ikan tuna sirip kuning, ikan makarel raja dan ikan pedang. Jika ikan-ikan tersebut dikonsumsi oleh ibu hamil dapat menyebabkan gangguan perkembangan otak pada bayi.

  • Kecambah mentah 

Memang saat sebelum hamil atau sedang masa subur memakan kecambah sangat dianjurkan. Namun makanan ini tidak boleh dimakan oleh ibu hamil. Sebab kecambah mentah dapat terkontaminasi dengan Salmonella. Salmonella adalah penyakit akibat bakteri salmonella pada saluran usus. Sebab kecambah tersebut masih mengandung bakteri salmonella yang tentu saja dapat tumbuh dilingkungan yang lembab. Nah, jika ibu hamil ingin mengonsumsi kecambah tentu saja harus dimasak terlebih dahulu agar tidak menimbulkan penyakit dan menghambat perkembangan janin atau bayi dalam rahim. 

Nah, itulah makanan-makanan yang tidak dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Tentu saja makanan tersebut juga tidak baik untuk kesehatan ibu dan perkembangan janin di dalam rahim. Akan lebih baik menghindari mengonsumsi makanan tersebut dan menggantinya dengan makanan lain yang lebih sehat. Hal tersebut nantinya dapat menyehatkan ibu dan juga mempercepat perkembangan bayi. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *