YUK! AJARKAN SOPAN SANTUN KEPADA ANAK

YUK! AJARKAN SOPAN SANTUN KEPADA ANAK

Sudah pasti semua orang tua menginginkan anaknya menjadi pribadi yang memiliki adab sopan santun dan mengerti tentang tata krama. Sebagai orang tua memang memiliki tugas untuk memberikan dan mengajarkan tentang hal ini. Sopan santun merupakan adab yang harus diprioritaskan dalam diri seseorang. Sopan santun ini juga bentuk kesadaran serta peka terhadap lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, bunda harus memberikan pengajaran sikap sopan santun ini sejak usia dini. Hal ini dapat membuat si kecil lebih aktif dalam berbicara dan berperilaku. Apalagi terhadap orang yang usianya lebih tua, tentu saja hal ini membutuhkan sikap sopan santun terhadap orang yang lebih tua.  Apabila si kecil sudah masuk ke sekolah dan bertemu dengan orang-orang baru, sehingga akan lebih banyak berinteraksi. Nah, inilah pastinya sikap sopan santun yang merupakan modal untuk berinteraksi dengan orang-orang luar. Hal ini yang akan menjadi modal diri untuk lebih baik. Maka dari itu, sebaiknya sopan santun ini harus diajarkan kepada anak dengan memberikan pengajaran kata “maaf”, “tolong”, dan “terimakasih”. Hal tersebut juga harus si kecil tahu kapan waktu dalam menggunakannya. Dan ajarkan si kecil meminta bantuan dengan cara yang benar dan baik kemudian ajarkan cara berterima kasih. Sehingga sopan santun ini dapat ditanamkan di jiwa si kecil.

  • Ajarkan “Tolong”, “maaf”, dan “terimakasih”

Dalam mengajarkan anak sopan santun ini memang cukup mudah, agar si kecil tumbuh dengan baik orang tua pun juga harus mengajarkan pula hal-hal yang baik. Maka dari itu, ajarkan kepada si kecil dengan kata “tolong”, “maaf”, dan “terimakasih”. Kata-kata ini memang terlihat sepele dan banyak orang menyepelekan nya. Anda bisa meminta maaf kepada si kecil atas kesalahan yang dilakukan, yang mana hal ini bisa ditiru oleh si kecil. Serta selalu katakan kepada anak ucapan terimakasih saat telah melaksanakan sesuatu dan biasakan pula katakan tolong, sebab tolong ini pasti dibutuhkan kepada siapapun yang mereka membutuhkannya. Dengan ketiga kata ini maka dapat dipastikan si kecil akan lebih mudah sopan dan santun terhadap orang lain.

  • Membiasakan berbicara dengan lembut

Dalam memberikan latihan sopan santun kepada anak, maka jangan berbicara dengan teriak-teriak atau nada keras saat di rumah. Sebab, hal ini pula dapat ditiru si kecil yang mana setiap kali mereka mendengar. Maka dari itu, dalam lingkungan ini si kecil dapat menirukan apa yang mereka dengar dan dilihatnya. Saat berbicara dengan anak ini maka jangan berteriak namun mendekat dan secara lembut. Hal ini pun juga si kecil akan lebih menghormati dengan orang yang lebih tua.

  • Mengoreksi kesalahan dan memberikan pujian

Saat anak bersikap tidak menyenangkan, maka sikap yang tepat harus selalu mengingatkannya serta bersikap sabar dalam mengajarkan kebaikan. Ketika si kecil berbuat kesalahan maka, jangan menggunakan suara teriak atau kasar. Usahakan selalu lemah lembut dan nasihati dari hati ke hati, inilah hal yang muncul guna memperbaiki kesalahan pada anak, serta juga dasar kepedulian bunda terhadap sang buah hati. Jika anak bersikap yang menyenangkan bersikap baik dan sopan ini maka segeralah dalam memberikan pujian, pujian ini yang dapat membuat si kecil lebih termotivasi guna dalam bersikap baik dan sopan santun. Untuk pengajaran sopan santun ini harus dilakukan secara konsisten serta kesabaran dalam mengajarkannya kepada sang anak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *